Sabtu, 08 September 2007

Puyer Sakit Kepala Cap Bangau




Jamu yukkk... jamuuu..

Kemasan jamu sangat menarik dan beragam.. mungkin orang akan bilang, indonesia bangetttt tp yaa memang begitu adanya. terutama dari kemasannya. saya melihat kemasan ini sangat menarik, dan terlihat sangat feminim,mungkin dari warnanya yang pink. awal saya berpikir ini adalah bedak, tapi ternyata ini adalah puyer sakit kepala. dan kemasannya sangat terasa bahwa ini adalah obat tradisional cina sekali, yaitu terlihat di logo dari obat ini, ada foto si pembuat obat.
Nama dari produk ini adalah " Each package of Welcome Powder" , nama pemilik produknya "PT.Yahi Utama" , dan perusahaan ini berada di tangerang-indonesia, dengan nomor daftar legal Reg.No.D.7811336.
lebar dan panjang kemasan ini adalah 4,5cm x 6,5 cm. dengan teknik produksi cetak offset. saya lihat jenis dari kertas ini menggunakan kertas HVS 70 gram.
Visual yang tampak dari kemasan ini adalah. burung bangaunya, bunga teratai, daun sirih, bunga melati dan bunga sakura. Dengan tipe tulisan yang terlihat di kemasan itu adalah san serif.
yang akan saya bahas disini adalah, walau obat ini adalah obat tradisional cina tetapi kemasan yang mereka tampilkan masih ada kaitan dengan budaya terutama indonesia. yuk..yukk.. mari kita kaji..

* Bunga teratai, daunnya berjumlah 8, sesuai dengan jumlah manifesti Hyang Widhi(tuhan). bunga ini menggambarkan kesucian dan keagungan. dan asal kata teratai adalah "Padmasana", yaitu sansekerta "padma, bunga teratai", "asana, sikap duduk". lalu padmasana adalah sebuah tempat untuk bersemayang dan menaruh sajian bagi umat hindu terutama umatHindu Indonesia.

* Daun sirih, tanaman obat yang sangat bermanfaat sebagai antioksidasi dan fungsida, menahan pendarahan, mematikan kuman dan sering digunakan sebagai pengobatan.

* hewan bangau, melambangkan hewan asia, dan ada di pulau jawa.

* melati, bunga ini merupakan bunga nasional, melalui keputusan presiden no.4/1993, yang mengatakan bahwa melati merupakan dan mewakili karakteristik sebuah bangsa dan negara.karena bunganya dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini.

* bunga sakura, sebagai simbol kehidupan serta untuk mengekspresikan ikatan antar manusia.

Kaitan sosial yang ada dapat terlihat bahwa ada kaitan antara budaya jawa dan cina dikemasan ini, yaitu berupa simbol-simbol gambar seperti bunga-bunga,hewan dan lain sebagainya. jadi, desain kemasan pada waktu dulu sudah sudah berbaur dengan kebudayaan lain tidak hanya budaya Indonesia itu sendiri.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

saya mau beli produk ini. kok sekarang susahh .. apa benar sudah di tarik peredaranya ...plis. bales

Unknown mengatakan...

Dimana ada jual?

Unknown mengatakan...

Woy admin msi ad g produknya gua mau beli byk

Unknown mengatakan...

apa masi ada produk'y