Sabtu, 01 September 2007

Jalan-Jalan Ke kompas

Jakarta, 30 Agustus 2007


Hari ini kita jalan-jalan ke Perpustakaan Kompas. Tadinya agak binggung gitu si, dimana tempatnya, mana dari antara kita smua ga ada yang tau. Gedungnya itu sebenernya ada di depan gedung Bentara Budaya, gabung ma gedung Kompas.

Nah kita masuk ke dalam n ketemu ama beberapa satpam dan diperiksa2 gitu (buka tas). Bis tu jalan ke lobby trus lapor ke receptionist. Kita harus ngasihin kartu id kita, kasih ja kartu mahasiswa (kalo mahasiswa ngeprint ma fotokopi datanya lebih murah ). Trus kita dikasihin kartu name tag yang bertuliskan tamu..

Sebelah receptionis ada lorong lift kita naik ke lantai 4 trus jalan ke sebelah kiri masuk ke dalam ruangan. Jangan kaget ato binggung, suasananya memang kayak kantor gitu. Da masuk kita ke ttempat yang ada komputer berjejer nah di situlah kita nyari data tapi musti lapor dulu ma mbanya. Data2 yang ada di kompas merupakan kumpulan dari seluruh media terutama dari artikel kompas sendiri. Tapi adanya cuma dari tahun 1990 ampe sekarang.

Kalo yang dari kompas bisa langsung diprint, tapi kloa yang dari majalah gitu kita musti masuk ke dalam ruangan majalah tapi musti lapor n titip tas dulu di ibu yang duduk tepat di depan pintu ruang masuk majalah. Kalo da ketemu bisa difotokopi de, tarifnya 200 perlembar untuk koran n 400 perlembar untuk majalah. ni da harga mahasiswa.

Di dalam ruangan yang majalah itu ada komputer. Dari situ kita bisa nyari buku koleksi perpustakaan kompas (kita ga diijinin masuk sendiri liat2). Catet nama judul buku, pengarang ampe nomornya. Ntar kasihin ibu yang di depan itu, ntar dia yang nyariin. Kalo buku cuma ble fotokopi 10% ja. Mungkin berhubungan dengan hak cipta kli ya.

Dari perpustakaan Kompas, kita banyak ketemu data tentang multikulturasi dan sejarah pecinaan di Indonesia. Datanya sekarang lagi di analisa.

Goodluck buat yang mo kesana, moga ketemu datanya.

Tidak ada komentar: