Minggu, 02 Desember 2007

Dalang dan Wayang


Wayang yang berarti bayang-bayang ini merupakan hasil budaya yang sangat unik. Wayang dimiliki hamper di setiap Negara, hanya wujud fisik dan cara memainkannya yang agak berbeda.

Wayang Beber dari kanvas
Wayang Klitik dari kayu gepeng.
Wayang Kulit dari kulit kerbau yang pembuatannya diukir dengan martil kayu.
Wayang Golek berasal dari Indonesia asli tanpa terpengaruh budaya Negara lain.
Wayang Brayut, wayang yang memiliki tema “Banyak anak banyak rejeki”
Sebuah tokoh wayang Barata Guru yang dianggap sebagai Tuhan di India, dianut oleh agama Hindu dan Buddha. Barata Guru tersebut berdiri di atas hewan sapi. Oleh karena itu hewan sapi dianggap sebagai hewan suci yang tidak boleh dimusnahkan.

Blencong adalah alat penerangan(sebelum adanya lampu) yang berbentuk burung, terbuat dari kuningan dengan bahan bakar minyak kelapa.

Terdapat 5 tokoh hebat dalam perwayangan:
Bima, Arjuna, Yudistira, Nakula, Sadewa.
Bima merupakan anak yang dibuang lalu ia berkelana kemudian dijaga oleh Dewi Durga, sepanjang hidupnya ia terus mencari ilmu kemudian suatu saat ia bertemu dengan seorang wanita yang akhirnya menjadi istrinya yaitu Dewi Arimbi. Bima memliki kekuatan yang luar biasa dan memiliki keampuhan yang sangat tinggi bahkan kukunya sekali tusuk dapat membuat raksasa runtuh. Selama perjalanan Bima mencari ilmu ia menyeberangi samudera. Di samudera ia bertemu dengan seekor naga, ia berkelahi dengan naga tersebut sehingga akhirnya naga tersebut menjadi satu dengan kekuatan Bima, dengan tubuh Bima.

Bima memiliki anak yang bernama Gatot Kaca. Seluruh senjata sakti kayangan dimasukkan semua dalam sebuah pentungan besar. Pentungan besar tersebut menjadi satu dengan Gatot Kaca sehingga Gatot Kaca memiliki kekuatan yang luar biasa hebat.

Seorang dalang yang hendak mengadakan pergelaran wayang harus berpuasa terlebih dahulu. Pada saat pementasan wayang, diletakkan sesajen, hasil-hasil bumi dan juga penangkal hujan dan cuaca buruk lainnya. Acara persiapan wayang tersebut yang dilakukan oleh dalang disebut Ruwetan. Acara wayang itu sendiri berlangsung dari jam 8 malam hingga jam 4 pagi.

1 komentar:

Transplante de Cabelo mengatakan...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Transplante de Cabelo, I hope you enjoy. The address is http://transplante-de-cabelo.blogspot.com. A hug.